ABSTRAK
Seorang rektor
harus bisa mengelola gaya kepemimpinannya terhadap dosen guna meningkatkan
kinerja dalam fungsinya sebagai tenaga pelayan masyarakat kampus menuju kepada
pelayanan prima. Dalam kaitan inilah kajian kepemimpinan dilakukan, terutama
dengan didasari pertimbangan peluang dan tantangan yang harus dihadapi oleh
Universitas tribhuana tunggadewi ke
depan sehingga menarik untuk menghubungkannya dengan bagaimana kepemimpinan
rektor di Universitas tribhuana tunggadewi. Dalam kaitan ini tingkat kinerja
seorang dosen dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah
kepemimpinan. Kepemimpinan yang efektif akan dapat meningkatkan kinerja sebagai
dosen. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
hubungan korelasi antara gaya kepemimpinan Rektor Universitas tribhuana
tunggadewi terhadap kinerja dosen Non-edukatif. Penelitian ini untuk mengkaji: 1) Untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh kepemimpinan Rektor terhadap kinerja Dosen di universitas
tribhuana tunggadewi malang? 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
kepemimpinan Rektor terhadap kinerja
Dosen di universitas tribhuana tunggadewi malang ? yang dihitung menggunakan rumus Radiani.Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif.
Peneliti menggunakan metode kuantitatif deskriptif dikarenakan metode
kuantitatif dianggap sesuai dengan permasalahan yang akan diteliti. Sedangkan
untuk menghitung korelasi, menggunakan skala interval dan uji korelasi Pearson
Product Moment. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpuinan Situasional rektor Universitas
tribhuana tunggadewi memiliki pengaruh yang cukup signifikan. Jadi pada
dasarnya apabila gaya kepemimpinan situasional pada rektor menurun akan sangat
mempengaruhi kualitas, kuantitas, inisiatif dan hubungan antar dosen pada
kampus universitas tribhuana tunggadewi Artinya, gaya kepemimpinan rektor
berpengaruh terhadap peningkatan kinerja dosen. Berdasarkan perhitungan skala
Interval diketahui bahwa gaya kepemimpinan situasional rektor yang diterapkan
lebih cenderung menggunakan perilaku hubungan dalam meningkatkan kinerja dosen.
0 komentar:
Posting Komentar