Sabtu, 18 Januari 2014

PENGARUH KEPEMIMPINAN REKTOR TERHADAP KINERJA DOSEN DI UNIVERSITAS TRIBHUANA TUNGGADEWI (UNITRI) MALANG

ABSTRAK
Seorang rektor harus bisa mengelola gaya kepemimpinannya terhadap dosen guna meningkatkan kinerja dalam fungsinya sebagai tenaga pelayan masyarakat kampus menuju kepada pelayanan prima. Dalam kaitan inilah kajian kepemimpinan dilakukan, terutama dengan didasari pertimbangan peluang dan tantangan yang harus dihadapi oleh Universitas tribhuana tunggadewi  ke depan sehingga menarik untuk menghubungkannya dengan bagaimana kepemimpinan rektor di Universitas tribhuana tunggadewi. Dalam kaitan ini tingkat kinerja seorang dosen dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah kepemimpinan. Kepemimpinan yang efektif akan dapat meningkatkan kinerja sebagai dosen. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan korelasi antara gaya kepemimpinan Rektor Universitas tribhuana tunggadewi terhadap kinerja dosen Non-edukatif. Penelitian ini untuk mengkaji:  1) Untuk mengetahui ada dan  tidaknya pengaruh kepemimpinan Rektor  terhadap kinerja Dosen di universitas tribhuana tunggadewi malang? 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepemimpinan Rektor  terhadap kinerja Dosen di universitas tribhuana tunggadewi malang ? yang dihitung menggunakan rumus Radiani.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Peneliti menggunakan metode kuantitatif deskriptif dikarenakan metode kuantitatif dianggap sesuai dengan permasalahan yang akan diteliti. Sedangkan untuk menghitung korelasi, menggunakan skala interval dan uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpuinan Situasional rektor Universitas tribhuana tunggadewi memiliki pengaruh yang cukup signifikan. Jadi pada dasarnya apabila gaya kepemimpinan situasional pada rektor menurun akan sangat mempengaruhi kualitas, kuantitas, inisiatif dan hubungan antar dosen pada kampus universitas tribhuana tunggadewi Artinya, gaya kepemimpinan rektor berpengaruh terhadap peningkatan kinerja dosen. Berdasarkan perhitungan skala Interval diketahui bahwa gaya kepemimpinan situasional rektor yang diterapkan lebih cenderung menggunakan perilaku hubungan dalam meningkatkan kinerja dosen.

0 komentar:

Posting Komentar